Alpha Saham: Apa Itu dan Bagaimana Mengukurnya?

Mencari cara untuk menilai kinerja investasi Anda dengan lebih baik? Alpha Saham bisa menjadi kunci jawabannya! Mari kita bahas apa itu alpha saham dan bagaimana Anda dapat mengukurnya.

Apa Itu Alpha Saham?

Alpha adalah ukuran yang digunakan untuk menilai seberapa baik kinerja suatu investasi dibandingkan dengan benchmark pasar atau indeks acuan. Alpha mengukur kelebihan pengembalian yang dihasilkan oleh investasi dibandingkan dengan yang diharapkan berdasarkan risiko yang diambil.

Cara Mengukur Alpha Saham:

  1. Tentukan Benchmark: Pilih indeks atau benchmark yang relevan untuk membandingkan kinerja saham Anda.
  2. Hitung Pengembalian Investasi: Catat pengembalian investasi saham selama periode waktu tertentu.
  3. Hitung Pengembalian Benchmark: Catat pengembalian benchmark yang sama selama periode waktu tersebut.
  4. Gunakan Rumus Alpha:

Alpha = (Pengembalian Investasi-  Pengembalian Benchmark ) - β×(Pengembalian Benchmark-Tingkat Bunga Bebas Risiko)

Di sini, Beta adalah ukuran risiko relatif saham terhadap benchmark.

Mengapa Alpha Penting? 💡

  1. Menilai Kinerja Manajer Investasi: Alpha membantu investor menilai apakah manajer investasi atau portofolio memberikan hasil lebih baik dari yang diharapkan berdasarkan risiko yang diambil.
  2. Mengidentifikasi Saham Berkualitas: Saham dengan alpha positif menunjukkan bahwa saham tersebut memberikan pengembalian lebih dari yang diharapkan untuk tingkat risikonya, menandakan performa yang kuat.

Contoh Nyata:

Jika portofolio Anda menghasilkan pengembalian 12%, dan benchmark Anda menghasilkan 8% dengan beta 1,2, serta tingkat bunga bebas risiko 2%, maka alpha dapat dihitung untuk melihat seberapa baik performa portofolio Anda dibandingkan dengan benchmark.

Tips Investor:

Gunakan alpha sebagai salah satu alat untuk mengevaluasi dan membandingkan performa investasi. Alpha positif menunjukkan manajer investasi atau saham yang unggul dalam menghasilkan pengembalian yang melebihi ekspektasi risiko.

Oleh: AEI 1
03 September 2024

53 Menit Membaca

Topik Terkait

Mengukur Performa Investasi dengan Stock Alpha

 
Jika Anda ingin tahu lebih banyak, mari konsultasikan dengan Tim Kami